Senin, 13 September 2010

Gempa Jogja 11:30

Pagi cerah, seolah nggak ada pertanda apa apa. niatnya besok mau pulang ke Surabaya, soalnya udah 4 hari di jogja. aku, Meidya (sodara kembarku), dan Lala, (adik sepupuku) milih untuk mele'kan aja, biar seru gitu istilahnya. Si lala ngajakin makan mie bareng waktu satu rumah udah tidur.

Hari mulai malem. aku sama meidya cuma berdua di kamar, biasa, nggarap facebook yang 'nggak penting'. aku lihat lihat retakan rumah yang sekarang ku tiduri. nginget-ninget gempa yang tanggal 27 mei itu bisa bikin retak tuh rumah. mana gempanya pas subuh lagi? hiiy. pasti banyak yang masih tidur. dan mbayangin gimana seremnya gempa saat orang lagi tidur. aku bilang ke meidya. "dek, gimana ya rasanya gempa waktu lagi tidur?" si meidya spotan jawab "hush. ngawur." aku cuma mukul mukul mulut ku yang asal ceplos barusan. berharap nggak ada malaikat lewat yang denger kata kata ku.

Untuk tetap terjaga, kami gantian main facebook nya. sampe semua orang tidur. sayangnya si laptop lebih di kuasai oleh si lala. Aku ngeliatin laptop ku yang dikuasai gitu di depan mata. Jadi ngantuk, tidur nggak ya tidur nggak ya? nggak deh. eh? tau tau si Meidya udah K.O duluan. Yaudah deh, aku sama lala aja yang makan mie. jam setengah 11-an, si lala memutuskan untuk makan mie sekarang. aku, lala, bareng sama laptop nongkrong di dapur nungguin mie yang buset rasanya lama banget matengnya.

Habis makan dua bungkus piring kita langsung balik lagi ke kamar. di kamar, aku udah nggak ngantuk gara gara nya habis makan. eh, tau tau si Meidya bangkit dari tidurnya. katanya sih "tidur suri". bangun bangun dia langsung minta facebooknya lagi yang udah di keluarin satu jam yang lalu. aku bilang ke dia, "Ya udah ku keluarin lah, masa satu jam flocknya dibiarin gitu. lemot tau" dia cuma bisa ngerengek rengek.

Akhirnya, beberapa menit berlalu, laptop berpindah dari tangan lala ke tangan meidya. eh, tau tau juga, si lala minta di pijetin. lengkap sudah penderitaan saya. habis di pijetin, si lala me-mepetkan badanya ke tembok. aku asik main teropong 3 dimensinya McDonals, dan laptop masih di meidya. tau tau ada sebuah bom angin yang meledak di kamar itu. eh, ternyata si lala yang ngeluarin bom.. busuk banget lagi baunya.

setelah tawa mereda akibat bom busuk itu, si lala nyuruh kita diem sejenak. nggak tau ngapain dia suruh kita diem. terus dia langsung berdiri dan narik kami ( yang ada di kamar itu ) keluar sambil teriak "Gempa!". aku kaget, bener bener kaget bukan main, di batin ku cuma bilang " Ya Allah, gempa? Ya Allah, Allahu Akbar, Astafirullah, gimana ini gimana ini" sambil ngikutin si lala dan keluarga yang lain lari keluar rumah. posisi kamar ku untungnya sebelahan sama pintu keluar. fiuh.. untungnya waktu kita keluar ke halaman sudah berhenti gempanya.

Kami masih di luar rumah. aku lihat sekeliling langit .. awan nya mendung dan sesekali guntur menyala nyala. aku bertanya "Ya Allah,kenapa ini? Allahu Akbar, Allahu Akbar, jangan kiamat ya Allah" *jujur pikiran ku kejauhaan amat, terlalu terpengaruh film 2012* aku cuma nyebut nyebut aja. aku mikir lagi " apa ini gara gara omongan ku tadi? Ya ampun`!! bodo! Astafirullah..>.< "

Si Om nyuruh kita semua masuk lagi ke dalam rumah. aku bener bener nggak bisa tidur kali ini. takut ada susulan. Status temen2 di facebook yang lokasinya sekarang lagi di jogja pada nulis soal "Gempa". ya ampuun, ini baru pertama kalinya seumur hidup aku ngerasain gempa yang cuma 8 detikan tapi keras itu bener bener nyeremin. aku nggak bisa mbayangin gimana kiamat nanti, kalo gempa berukuran 5 Skala Richter ini begitu nyeremin? ya walaupun pusatnya di "KLATEN" tapi kerasa banter banget di jogja. syukur nggak ada yang kenapa napa. beneran, rasanya tanah kayak di geser dan rumah kayak di goyang goyang. serem, ini baru pertama kalinya dan NYATA aku rasa'in.

Jadi, mulai sekarang aku mutusin buat lebih ditambah lagi rajin ibadahnya. sumpah, kiamat itu 100% bahkan ber- teriliun triliun persen seram nya dari pada bencana bencana kecil ini.
dan sungguh, gempa itu bagiku adalah kiamat kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar